Apa Itu Hardware, Software dan Brainware serta Contohnya

0
83
contoh hardware software dan brainware

ANDROIDCARA.WEB.ID – Apa Itu Hardware, Software dan Brainware serta Contohnya Sebuah perangkat komputer membutuhkan 3 komponen utama terdiri dari hardware, software, brainware agar dapat bekerja sebagaimana mestinya. Jika ada satu saja dari ketiga komponen utama tersebut yang bermasalah, maka perangkat komputer tersebut bisa dipastikan tidak bisa bekerja secara optimal.

Lalu, apa itu hardware, software dan brainware serta contohnya? Simak saja ulasan lengkap berikut ini.

Apa Itu Hardware, Software, dan Brainware serta Contohnya

contoh hardware software brainware
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Hardware

Jika berbicara mengenai apa itu hardware, software dan brainware serta contohnya, tentu hardware dalam sebuah perangkat komputer memiliki peran yang sangat besar terhadap kinerja dari perangkat komputer tersebut.

contoh hardware software dan brainware
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Pada dasarnya, hardware (perangkat keras) merupakan sebuah perangkat yang merupakan bagian dari penyusun komputer yang terlihat wujudnya dan dapat dipegang secara fisik. Pada sebuah komputer terdapat 5 jenis komponen hardware, yaitu:

  • Input Device

Jenis hardware yang satu ini berfungsi sebagai alat atau media untuk memasukkan data dan informasi ke dalam komputer. Contoh dari hardware jenis input device ini, diantaranya seperti berikut ini:

Keyboard, mouse, touchpad, webcam, dan microphone

  • Processing Device

Sesuai namanya, jenis hardware processing device ini adalah jenis hardware yang digunakan untuk bisa memproses berbagai data yang tadinya dimasukkan oleh hardware input device agar bisa menjadi kumpulan informasi yang kemudian dapat diterjemahkan menjadi sebuah perintah.

Jika berbicara mengenai contoh dari hardware jenis processing device ini, maka sebagian besar contohnya terdapat dalam CPU sebuah komputer, itu artinya, contoh hardware processing device itu mulai dari processor, motherboard, RAM, VGA Card, hard disk dan lain sebagainya.

  • Output Device

Jenis hardware output device adalah bagian dari hardware yang berfungsi sebagai media untuk menampilkan data dari hasil pengoperasian komputer. Berkat adanya output device dalam hardware komputer ini, maka Anda bisa mengetahui sekaligus memeriksa segala macam data yang tersimpan dalam komputer Anda tersebut. Contoh dari hardware jenis output device diantaranya seperti monitor, speaker, printer.

  • Storage Device

Jenis hardware storage device ini sesuai namanya merupakan area dalam komputer untuk menyimpan berbagai data dalam bentuk file dan folder. Contoh dari storage device ini ada yang tersimpan dalam CPU yang dikenal dengan sebutan hard disk internal, dan ada pula yang storage device yang bisa dicopot pasang atau dikenal juga dengan sebutan hard disk ekternal.

Selain hard disk internal dan eksternal itu, contoh lainnya dari jenis hardware storage device diantaranya seperti USB Flashdisk, Memory Card, DVD ROM, CD ROM dan lain-lain.

  • Peripheral Device

Jenis hardware peripheral device adalah perangkat tambahan yang berfungsi untuk melengkapi kinerja komputer agar lebih optimal. Rata-rata jenis hardware yang termasuk peripheral device ini merupakan perangkat yang bisa dicopot pasang, contohnya seperti LCD proyektor, loud speaker, joystick game, scanner dan lain-lain.

Software

Sementara itu, apabila membahas mengenai apa itu hardware, software dan brainware serta contohnya tentu saja komponen penting lainnya dalam sebuah komputer yang tidak bisa dipandang remeh peranannya adalah software.

contoh hardware software dan brainware
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Kebalikan dari hardware yang merupakan serangkaian perangkat yang bisa dilihat wujudnya dan bahkan dapat disentuh secara fisik, software sesuai namanya adalah perangkat lunak dalam sebuah komputer. “Lunak” disini bukan berarti bentuk fisiknya lunak ketika disentuh, melainkan dapat diartikan bahwa perangkat lunak (software) tersebut berada dalam sebuah komputer dalam bentuk program berisi data dan informasi yang berguna untuk memberikan perintah pada sistem sebuah komputer.

Tampilan software sebenarnya dapat dilihat namun tentu saja karena berupa program maka tidak bisa disentuh secara fisik. Hal tersebut disebabkan karena software yang berisi berbagai data dan informasi itu bentuknya digital dan terdiri dari berbagai kumpulan kode yang menggunakan bahasa pemrograman, binary serta satuan data dan informasi. Software sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu berupa sistem operasi dan aplikasi.

  • Sistem Operasi

Sistem operasi dalam sebuah komputer berfungsi sebagai penghubung antara hardware dan juga brainware dengan seluruh sistem yang tersedia dalam sebuah komputer.

Pada dasarnya, tanpa software Anda tidak bisa menjalankan komputer sebagaimana mestinya, sebab antar komponen dalam komputer tersebut tidak bisa saling mengirim, menerima dan memproses berbagai data sehingga dapat menjadi informasi. Contoh dari jenis software yang berupa sistem operasi ini diantaranya seperti DOS, Windows, OS X, Linux, Novell, Unix

  • Aplikasi

Aplikasi adalah jenis software yang berfungsi untuk melaksanakan perintah yang diberikan oleh pengguna komputer, sehingga tugas dalam memproses data dan informasi akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Ada berbagai contoh jenis software dalam bentuk aplikasi, diantaranya seperti Microsoft Office, Spreadsheet, Windows Media Player, Lotus, SPSS, Wordstar dan lain-lain.

Brainware

Komponen utama lainnya yang akan dijelaskan dalam ulasan tentang apa itu hardware, software dan brainware serta contohnya ini adalah pengguna komputer yang juga dikenal dengan istilah brainware.

brainware
Photo by Lucian Novosel on Unsplash

Ya, brainware pada dasarnya bukanlah berbentuk perangkat seperti hardware ataupun software melainkan manusia yaitu orang yang mengoperasikan komputer tersebut.

Peran brainware sendiri tentu saja sangat penting, karena seperti yang kita tahu, hingga saat ini sebuah perangkat komputer tidak bisa beroperasi sendiri tanpa adanya brainware. Contoh brainware sendiri juga bermacam-macam, setidaknya ada 10 macam brainware yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Programmer

adalah orang yang menciptakan program atau aplikasi yang akan digunakan dalam sebuah komputer

Operator

adalah orang yang menggunakan program atau aplikasi sesuai dengan petunjuk yang telah ditentukan

Teknisi

adalah orang yang ahli di bidangnya sehingga memiliki keahlian yang bisa dipertanggungjawabkan untuk menjalankan tugas melakukan perawatan perangkat komputer dan memperbaiki berbagai macam permasalahan yang terjadi pada sebuah perangkat komputer.

Trainer

adalah orang yang mengetahui tentang segala ilmu yang berkaitan dengan komputer dan kemudian mengajarkannya kepada orang lain

Desainer Grafis

adalah orang yang ahli dibidangnya untuk membuat produk gambar grafis menggunakan komputer

Sistem Analis

adalah orang yang ahli dibidangnya dan memiliki tugas untuk melakukan analisa produk dalam bentuk program ataupun aplikasi komputer

sehingga performa dan hasil akhir dari program atau aplikasi sesuai dengan yang diinginkan

Database Administrator

adalah orang yang bertugas dan memiliki tanggung jawab mengelola serta mengatur database

Teknisi Jaringan

adalah orang yang ahli dibidangnya dalam hal ini segala hal yang berkaitan dengan jaringan dalam sebuah perangkat komputer

Projek Manager

adalah orang yang memiliki tugas untuk memimpin dan mengatur serta bertanggung jawab terhadap kelancaran sebuah proyek

Konsultan

adalah orang yang bertugas memberikan konsultasi terhadap suatu permasalahan tertentu

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu hardware, software, dan brainware serta contohnya.

Sebagai orang yang sehari-hari menggunakan komputer untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan, sudah sepatutnya Anda perlu untuk mengetahui tiga komponen utama dari sebuah perangkat komputer.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here