Home Android Tutorial Lengkap Cara Melihat IP Di Termux Android

Tutorial Lengkap Cara Melihat IP Di Termux Android

0
73
melihat ip di termux
Photo by Dmitry Bayer on Unsplash

ANDROIDCARA.WEB.ID – Tutorial Lengkap Cara Melihat IP Di Termux Android Mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang Termux. Untuk itu akan dijabarkan mengenai apa itu Termux, fungsinya dan cara melihat IP di Termux Android. Hal tersebut penting untuk diketahui agar Anda bisa lebih memahaminya dengan baik. Termux merupakan terminal Linux yang dapat diakses melalui Android.

Termux merupakan terminal di Android yang memungkinkan untuk user dapat mengakses shell Linux Android ponsel melalui GUI. Termux merupakan aplikasi tambahan yang harus diinstal terlebih dahulu untuk bisa digunakan. Termux bisa diinstall tanpa harus proses rooting ponsel terlebih dahulu.

Salah satu kegunaan dari aplikasi Termux ini adalah Anda bisa menggunakan beberapa paket atau aplikasi yang digunakan pada Linux. Hal tersebutlah yang membuat Termux menjadi istimewa dan banyak orang yang ingin mencobanya.

Pemahaman Pengaksesan IP Di Termux

IP address merupakan alamat atau identifikasi dari sebuah perangkat. Untuk itu sebelum Anda melakukan hacking maka akan memerlukan alamat IP yang tepat. Selain melakukan hacking terhadap sebuah website, dengan menggunakan Termux Anda juga hacking ponsel orang lain.

Hal tersebut bisa Anda lakukan jika mengetahui alamat IP orang tersebut. Anda bisa menggunakan cara melihat IP di Termux agar bisa mengetahui alamat IP seseorang. Sebelum melakukannya, Anda harus memastikan terlebih dahulu orang tersebut sedang online dan terhubung dengan Anda melalui aplikasi tertentu seperti aplikasi chatting atau yang lainnya.

Termux merupakan emulator yang secara keseluruhan bisa menampilkan sistem operasi Linux pada ponsel. Termux bisa dilakukan dengan hanya plug and play. Dimana Anda bisa menginstalnya dan langsung menggunakannya, sangat mudah. Termux memiliki keistimewaan karena terminal ini memiliki paket tersendiri. Sehingga ketika diinstal maka Termux akan membawa serta seluruh paketnya. Anda hanya perlu mengetahui berbagai perintah yang sesuai untuk bisa mengaksesnya.

Dalam paket Termux sudah terdapat berbagai kegunaan yang akan menguntungkan pengguna. Salah satunya adalah bisa mengakses sistem Linux di ponsel. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk melakukan hacking pada sebuah website. Termux merupakan terminal yang mana bisa digunakan untuk memasukkan data atau menampilkan data. Anda bisa mengetikkan perintah dengan begitu sistem akan menampilkan data yang diingin. Hal penting yang harus diperhatikan adalah perbedaan perintah untuk bisa melakukan aksi. Untuk itu penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja perintah yang terdapat pada Termux.

Beberapa Kegunaan dari Termux

Sebelum mengetahui cara melihat IP di Termux sebaiknya terlebih dahulu Anda mengetahui apa saja kegunaan dari Termux. Kebanyakan orang biasanya akan menggunakan Termux untuk hacking sebuah website dan lain sebagainya. Namun ternyata Termux memiliki berbagai kegunaan lain. Apa saja kegunaan tersebut, simaklah informasinya di bawah ini.

Hacking

Termux sering digunakan untuk hacking sebuah website. Di zaman sekarang ini telah dibatasi akses internet menggunakan yang mengandung berbagai konten yang dinilai kurang baik. Namun untuk beberapa hal ada saja orang yang ingin tetap mengakses website tersebut. Untuk bisa melakukan hacking biasanya orang akan menggunakan laptop dan menggunakan operasi sistem Linux. Namun saat ini sudah terdapat Termux yang bisa membuat proses hacking menjadi lebih cepat dan mudah. Keunggulannya adalah Termux bisa diinstall pada ponsel. Termux dan Android bisa dihubungkan untuk menampilkan sistem Linux.

Mempermudah pencarian error sebuah aplikasi

Termux seringkali digunakan oleh para pengembang aplikasi sebagai langkah ketika ingin melakukan testing. Hal tersebut dilakukan agar pengembang bisa menguju aplikasi yang dibuat dengan lebih cepat. Dengan menggunakan Termux maka pengembang bisa dengan mudah untuk mencari error yang terdapat dalam sebuah aplikasi. Penyebab dari errornya pun akan mudah diketahui karena Termux bisa mengakses shell pada Android. Dengan begitu proses perbaikan aplikasi bisa dilakukan dengan mudah. Hal tersebutlah yang membuat Termux nampak spesial untuk kalangan pengembang.

Baca juga  Daftar Game Android FPS Offline 2019

Mengakses shell pada Android

Termux merupakan emulator terminal yang memiliki fungsi utama untuk menampilkan akses berbasis text command line. Biasanya command line hanya bisa diakses melalui laptop atau komputer saja. Namun dengan bantuan Termux Anda bisa mengaksesnya melalui ponsel. Command line pada Termux ini digunakan untuk mengakses shell Linux yang memiliki akses grafis. Termux diinstall pada ponsel untuk bisa menampilkan antarmuka sistem Linux namun dijalankan di sistem operasi Android. Dengan Termux maka memungkinkan Anda untuk mendapatkan akses yang sama ketika membuka Linux namun diakses melalui ponsel.

Cara Melihat IP Di Termux

Kebanyakan orang harus mengetahui alamat IP untuk bisa melakukan hacking terhadap website yang memiliki akses terbatas. Dengan adanya banyak alasan seseorang ingin tetap mengaksesnya dan harus menggunakan Termux untuk bisa melakukan hal tersebut. Berikut akan dijabarkan cara melihat IP di Termux melalui Android.

1. Install Aplikasinya

Pkg+help+by+cuman+android

  • Langkah pertama Anda haruslah menginstall aplikasi Termux melalui Play Store. Setelah selesai Anda bisa langsung menginstalnya di ponsel. Untuk bisa menggunakannya Anda harus memberikan izin pada Termux untuk bisa mengakses data yang terdapat di ponsel. Anda bisa masuk kebagian setting kemudian pilih aplikasi management, cari aplikasi Termux yang diinstall tadi. Pilih pada bagian permissions, aktifkan semua aksesnya.

2. Jalankan Termux-setup-storage

Pkg+update+by+cuman+android

  • Kemudian Anda bisa menjalankan Termux-setup-storage yang terdapat pada aplikasi Termux yang sudah diinstall tadi. Aplikasi ini bisa di install pada semua Android dengan versi paling rendahnya yaitu OS 5.0 atau yang dikenal dengan sebutan Android Lollipop. Namun perlu dipahami bahwa aplikasi ini hanya bisa diinstall pada memori internal. Data yang akan digunakan untuk identifikasi adalah data ponsel sehingga aplikasi harus berada di memori internal. Selain itu memori eksternal biasanya tidak support dengan beberapa file tertentu.

3. Ketikkan Perintah

Pkg+update+by+cuman+android (1)

  • Setelah menginstall sebaiknya Anda ketikkan perintah apt update. Perintah tersebut digunakan untuk melakukan pembaharuan terhadap data yang terdapat pada ponsel Anda. Setelah itu Anda bisa ketikkan perintah apt upgrade. Perintah ini digunakan untuk upgrade paket yang terdapat di ponsel. Perintah ini akan menyesuaikan Termux dengan versi Android yang terdapat dalam ponsel.
  • Untuk bisa melakukan pengecekan terhadap alamat IP maka Anda bisa ketikan perintah $netstat
  • Maka akan muncul alamat dari IP address ponsel yang sedang digunakan.

Itulah cara melihat IP di Termux melalui Android. Ketika menggunakan aplikasi tersebut sebaiknya Anda selalu melakukan backup. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya error ataupun hal buruk lainnya. Dengan melakukan backup maka data tidak akan hilang dan Anda bisa mengembalikannya lagi meskipun telah terhapus.

Sebaiknya ketika melakukan backup simpanlah file bukan hanya di memori internal saja tetapi pada memori eksternal juga. Hal tersebut mencegah terjadinya data hilang ketika ponsel rusak dan data hilang semua.

Termux merupakan portal yang bisa Anda gunakan untuk bisa masuk ke dalam sistem Linux. Linux bersifat open source sehingga Anda bisa mengexplore berbagai informasinya. Dengan adanya Termux ini Anda bisa membawa versi Linux dimana saja dan tidak perlu repot untuk membawa laptop.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here